Minggu, 16 Maret 2014

Pembuatan judul dan deskripsi laman Google (atau "cuplikan") sepenuhnya otomatis dan mempertimbangkan konten laman serta referensi ke laman tersebut yang muncul di web. Tujuan cuplikan dan judul adalah menunjukkan dan mendiskripsikan setiap hasil dan menjelaskan cara tujuan tersebut terkait dengan kueri pengguna dengan paling baik.

Semakin banyak informasi yang Anda berikan, semakin baik cuplikan hasil penelusuran Anda. Dengan cuplikan kaya, webmaster dengan situs yang berisi konten terstruktur—seperti cantuman bisnis atau situs ulasan—dapat memberi label konten mereka untuk memperjelas bahwa setiap bagian teks yang diberi label menjelaskan jenis data tertentu: misalnya, nama restoran, alamat, atau peringkat. 
 
Kami menggunakan sejumlah sumber yang berbeda untuk informasi ini, termasuk informasi deskriptif dalam judul dan tag meta untuk setiap laman. Kami mungkin juga menggunakan informasi yang tersedia secara publik—misalnya, teks tautan atau cantuman dari Proyek Direktori Terbuka (DMOZ)—atau membuat cuplikan kaya berdasarkan markup dalam laman.
Meskipun kami tidak dapat mengubah judul atau cuplikan untuk situs tunggal secara manual, kami selalu berupaya untuk membuatnya serelevan mungkin. Anda dapat membantu meningkatkan kualitas judul dan cuplikan yang ditampilkan untuk laman Anda dengan mengikuti pedoman umum di bawah.

Buat judul laman yang deskriptif

Judul sangat penting untuk memberikan wawasan singkat kepada pengguna tentang konten hasil dan alasan judul tersebut relevan dengan kueri pengguna. Judul sering kali menjadi bagian utama informasi yang digunakan untuk menentukan hasil mana yang harus diklik, sehingga penting untuk menggunakan judul dengan kualitas tinggi di laman web Anda.
Berikut beberapa kiat untuk mengelola judul Anda:
  • Seperti yang dijelaskan di atas, pastikan setiap laman di situs Anda memiliki judul yang ditentukan di tag <title> . Jika Anda memiliki situs yang besar dan khawatir lupa memberi judul di suatu bagian, laman saran HTML di Alat Webmaster tidak memiliki atau memiliki tag <title> yang bermasalah.

  • Judul laman harus deskriptif dan ringkas. Hindari deskriptor samar seperti "Home" untuk beranda Anda, atau "Profile" untuk profil orang tertentu. Hindari juga judul yang panjang atau bertele-tele yang tidak perlu yang mungkin akan terpotong saat judul tersebut ditampilkan di hasil penelusuran.

  • Hindari penjejalan kata kunci. Memiliki sedikit istilah deskriptif dalam judul terkadang membantu, namun tidak ada alasan untuk memiliki kata atau frasa yang sama muncul beberapa kali. Judul seperti "Foobar, foo bar, foobars, foo bars" tidak membantu pengguna, dan penjejalan kata kunci semacam ini dapat membuat hasil tampak berisi spam bagi Google dan pengguna.

  • Hindari judul yang diulang-ulang. Penting untuk memiliki judul yang deskriptif dan berbeda di setiap laman di situs Anda. Memberi judul setiap laman di situs perdagangan, misalnya "Dijual produk murah", memungkinkan pengguna membedakan antara satu laman dengan laman lainnya. Judul panjang yang hanya berbeda dengan sedikit informasi (judul "yang diulang") juga tidak bagus, misalnya, judul standar seperti "<nama band> - Lihat video, lirik, poster, album, ulasan, dan konser" berisi banyak teks yang tidak informatif. Satu solusi adalah memperbarui judul secara dinamis untuk mencerminkan konten laman yang sebenarnya dengan lebih baik: misalnya, sertakan kata "video", "lirik", dsb., hanya jika laman tertentu tersebut berisi video atau lirik. Opsi lain adalah cukup menggunakan "<band name>" sebagai judul yang ringkas dan menggunakan deskripsi meta (lihat di bawah) untuk mendeskripsikan konten situs Anda. Laman saran HTML di Alat Webmaster mencantumkan judul duplikat apa pun yang dideteksi Google di laman Anda.

  • Tandai judul Anda, namun secara singkat. Judul beranda laman Anda adalah tempat yang sesuai untuk mencantumkan beberapa informasi tambahan tentang situs—misalnya, "ExampleSocialSite, tempat orang bertemu dan bergaul." Namun menampilkan teks tersebut di judul setiap laman di situs Anda dapat berdampak buruk pada kemudahan membaca dan akan tampak sangat berulang jika beberapa laman dari situs Anda dikembalikan untuk kueri yang sama. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk hanya memasukkan nama situs di awal dan akhir judul laman, terpisah dari sisa judul dengan pembatas seperti tanda hubung, titik dua, atau tanda pipa seperti ini:
    <title>ExampleSocialSite: Daftar untuk akun baru.</title>

  • Berhati-hatilah agar tidak melarang mesin telusur merayapi laman Anda. Menggunakan protokol robots.txt di situs Anda dapat menghentikan Google merayapi laman, namun protokol tersebut mungkin tidak selalu mencegah laman Anda diindeks. Misalnya, Google mungkin mengindeks laman Anda jika kami menemukan laman tersebut dengan mengikuti tautan dari situs orang lain. Untuk menampilkannya di hasil penelusuran, Google perlu menampilkan judul beberapa jenis yang serupa dan karena kami tidak dapat mengakses setiap konten laman Anda, kami akan mengandalkan konten di luar laman seperti teks tautan dari situs lain. (Untuk benar-benar memblokir URL agar tidak diindeks, Anda dapat menggunakan tag meta.)
Jika kami mendeteksi bahwa hasil tertentu memiliki salah satu masalah dengan judul di atas, kami dapat berupaya untuk membuat judul yang ditingkatkan dari teks tautan, di dalam laman, atau sumber lain. Meskipun begitu, kadang bahkan laman dengan judul yang deskriptif, singkat, dan diformulasikan dengan baik pun akan berakhir dengan judul yang berbeda dalam hasil penelusuran kami untuk mengindikasikan kerelevanannya terhadap kueri dengan lebih baik. Ada alasan sederhana untuk hal ini: tag judul seperti yang ditentukan oleh webmaster dibatasi agar tetap statis dan tetap terlepas dari kuerinya. Setelah kami mengetahui kueri pengguna, sering kali kami dapat menemukan teks alternatif dari laman yang menjelaskan mengapa hasil itu relevan dengan lebih baik. Menggunakan teks alternatif ini sebagai judul membantu pengguna dan juga dapat membantu situs Anda. Pengguna memindai istilah kueri atau tanda kerelevanan lain dalam hasil, dan judul yang disesuaikan untuk kueri dapat meningkatkan kemungkinan mereka akan mengekliknya.
Jika Anda melihat laman muncul di hasil penelusuran dengan judul yang dimodifikasi, periksa apakah judul Anda memiliki salah satu masalah yang dideskripsikan di atas. Jika tidak, pertimbangkan apakah judul alternatif lebih sesuai untuk kueri atau tidak. Jika Anda masih merasa bahwa judul awal lebih baik, beri tahu kami di Forum Bantuan Webmaster.

Membuat deskripsi meta yang baik

Atribut deskripsi di dalam tag <meta> adalah cara yang baik untuk memberikan ringkasan singkat dan dapat dibaca manusia untuk setiap konten laman. Google terkadang akan menggunakan deskripsi meta laman di cuplikan hasil penelusuran jika kami merasa cuplikan tersebut memberikan deskripsi yang lebih akurat kepada pengguna daripada yang mungkin diberikan oleh konten di dalam laman saja. Deskripsi meta yang akurat dapat membantu meningkatkan klik-tayang Anda; berikut adalah beberapa pedoman untuk penggunaan deskripsi meta yang benar.
  • Pastikan setiap laman di situs Anda memiliki deskripsi meta. Laman saran HTML di Alat Webmaster mencantumkan laman tempat Google mendeteksi deskripsi meta yang tidak ada atau bermasalah.

  • Bedakan deskripsi untuk laman yang berbeda. Deskripsi yang identik atau mirip pada setiap laman situs tidak membantu saat laman tunggal muncul di hasil web. Untuk hal ini kami mungkin tidak akan menampilkan teks boilerplate (standar). Jika memungkinkan, buatlah deskripsi yang menjelaskan laman khusus dengan akurat. Gunakan deskripsi level situs pada homepage utama atau laman agregasi lain, dan gunakan deskripsi level laman di tempat lain. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk membuat deskripsi bagi setiap laman, coba prioritaskan konten Anda: Paling tidak, buat deskripsi untuk URL yang penting seperti beranda dan laman populer Anda.

  • Sertakan fakta yang ditag dengan jelas dalam deskripsi. Deskripsi meta tidak harus dalam format kalimat; data terstruktur tentang laman juga sangat tepat untuk dimasukkan dalam deskripsi meta. Misalnya, posting berita atau blog dapat mencantumkan penulis, tanggal publikasi, atau subjudul. Pencantuman ini dapat memberikan informasi yang sangat relevan, yang mungkin tidak ditampilakn dalam snippet, bagi calon pengunjung. Selain itu, laman produk mungkin memberikan informasi kunci—harga, usia, pabrikan—yang tersebar di seluruh laman. Deskripsi meta yang baik dapat mencakup semua data ini. Misalnya, deskripsi meta berikut ini menyediakan informasi terperinci tentang sebuah buku.
    <meta name="Description" konten="Pengarang: A.N. Author, 
    Ilustrator: P. Picture, Kategori: Buku, Harga: $17,99, 
    Tebal: 784 halaman">
    Dalam contoh ini, informasi ditandai dengan jelas dan terpisah.

  • Membuat deskripsi secara otomatis. Untuk beberapa situs, seperti sumber media masa, pembuatan deskripsi yang akurat dan unik untuk setiap laman termasuk mudah: karena setiap artikel adalah karya tulis, penambahan deskripsi satu kalimat juga mudah. Untuk situs yang menggunakan database, seperti agregator produk, deskripsi tulisan tangan kemungkinan tidak bisa. Oleh karena itu, pembuatan deskripsi terencana lebih sesuai dan dianjurkan. Deskripsi yang baik adalah yang dapat dibaca pengguna dan berbeda, seperti yang telah kami sebutkan di atas. Data khusus laman yang kami sebutkan pada poin kedua adalah cara tepat untuk pembuatan deskripsi terencana. Perlu dicatat bahwa deskripsi meta terdiri atas string kata kunci yang panjang tidak akan memberikan gambaran yang jelas kepada pengguna tentang konten laman, dan kemungkinan tidak akan ditampilkan di snippet biasa.

  • Gunakan deskripsi kualitas. Terakhir, pastikan deskripsi Anda benar-benar deskriptif. Karena deskripsi meta tidak ditampilkan dalam laman yang dapat dilihat pengguna, karena itu konten ini mudah digeser. Namun deskripsi yang berkualitas tinggi dapat ditampilkan dalam hasil penelusuran Google dan dapat bertahan untuk meningkatkan kualitas dan jumlah lalu lintas penelusuran Anda.

Cegah mesin penelusuran menampilkan data DMOZ di hasil penelusuran untuk situs Anda

Satu sumber yang digunakan Google untuk membuat cuplikan adalah Proyek Direktori Terbuka. Anda dapat mengarahkan kami untuk tidak menggunakan ini sebagai sumber dengan menambah meta tag ke laman Anda.
Untuk mencegah semua mesin telusur (yang mendukung meta tag) agar tidak menggunakan informasi ini untuk deskripsi laman, gunakan perintah berikut ini:
<meta name="robots" content="NOODP">
Untuk mencegah Google secara khusus agar tidak menggunakan informasi ini untuk deskripsi laman, gunakan perintah berikut ini:
<meta name="googlebot" content="NOODP">
Jika Anda menggunakan meta tag robot untuk perintah lain, Anda dapat menggabungkannya. Sebagai contoh:
<meta name="googlebot" content="NOODP, nofollow">
Perlu diketahui bahwa setelah Anda menambah meta tag ke laman Anda, mungkin perubahan pada snippet memerlukan beberapa waktu agar tampak dalam indeks.
Jika Anda mengkhawatirkan tentang konten dalam judul atau snippet Anda, Anda dapat memeriksa kembali apakah konten ini tidak tampak dalam situs Anda. Jika tampak, pengubahan pada konten akan mempengaruhi snippet Google setelah kami merayapi situs Anda kelak. Jika tidak tampak, coba cari Google.com untuk judul atau snippet yang diberi tanda petik. Hasil pencarian akan menampilkan laman pada web yang mengacu ke situs Anda menggunakan teks ini. Jika Anda menghubungi webmaster untuk meminta mereka mengubah informasinya tentang situs Anda, perubahan apa pun ke situs mereka akan dikenali oleh perayap kami setelah perayapan kami berikutnya ke laman mereka.

0 komentar:

Posting Komentar